Jumat, 06 April 2012

Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup tersusun dari berbagai unsur yang saling berhubungan satu sama lain,yaitu unsur biotik,unsur abiotik, dan unsur sosial budaya.
1.Unsur Biotik
Unsur biotik adalah unsur-unsur makhluk hidup atau benda yang dapat menunjukkan ciri-ciri kehidupan, seperti bernapas, memerlukan makanan, berkembang biak, dan tumbuh.Unsur biotik terdiri dari dari manusia,tumbuhan, dan hewan. Secara umum, unsur biotik meliputi produsen, konsumen, dan pengurai.
a.Produsen
                Produsen adalah organisme yang dapat membuat makanannya sendiri. Pada umumnya produsen adalah tumbuhan hijau yang dapat membuat bahan makanan dari fotosintesis.
b.Konsumen
                Konsumen adalah organisme yang tidak mampu membuat makanannya sendiri.Konsumen memperoleh makannya dari organisme yang lain.
c.Pengurai (dekomposer)
                Pengurai adalah organisme yang mampu mengurai kan zat organik yang berasal dari organisme mati. Pengurai terdiri atas jamur dan bakteri.
2.Unsur Abiotik
                Unsur abiotik adalah unsur-unsur alam yang berupa benda mati yang dapat mendukung kehidupan makhluk hidup. Yang termasuk unsur abiotik dalah antara lain: air, tanah, angin,cuaca,sinar matahari,dll.
3.Unsur Sosial Budaya
                Unsur sosial budaya adalah merupakan penggabungan dari  cipta, rasa, dan karsa manusia yang disesuaikan atau dipengaruhi oleh kondisi alam setempat. Yang termasuk unsur sosial budaya adalah adat istiadat serta berbagai penemuan manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Bentuk-Bentuk Kerusakan   Lingkungan Hidup dan Faktor Penyebabnya
Lingkungan mempunyai keterbatasan, baik dalam hal kualitas maupun kuantitasnya. Kerusakan lingkungan hidup dapat disebabkan oleh beberapa faktor,yaitu dikarenakan proses alam dan aktivitas manusia.
1.Kerusakan Lingkungan Akibat Proses Alam
                Kerusakan lingkungan hidup oleh alam terjadi akibat dari pristiwa atau gejala alam yang luar biasa. Peristiwa-peristiwa alam yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan , antara lain.
a.Letusan gunung api
b.Gempa bumi
c.Banjir
d.Angin topan/badai
e.Tanah longsor
f.Kemarau panjang
2.Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Aktivitas Manusia
a.Degradasi Lahan
                Degradasi lahan adalah proses berkurangnya daya dukung lahan terhadap kehidupan. Degradasi lahan merupakan bentuk dari pemanfaatan lahan yang dilakukan oleh manusia yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan memperhatika keseimbangan lingkungan.
b.Pencemaran Lingkungan
                Pencemaran disebut juga dengan polusi ,ini terjadi karena masuknya bahan-bahan pencemar yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan. Berdasarkan jenisnya pencemaran dibagi menjadi 4, yaitu pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran suara.
Usaha-Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup
                Usaha pelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab manusia.Berikut adalah beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah,antara lain.
1.Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok  Pengelolaan Lingkungan Hidup.
2.Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 148/11/SK/4/1985 tentang Pengamanan  Bahan Beracun dan Berbahaya di Perusahaan Industri.
3.Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 29 Tahun 1986 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.
4.Pembentukan Badan Pengendalian Lingkungan Hidup pada tahun1991.
                Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini.
1.Melakukan Pengelolaan tanah sesuai dengan kemampuan dan kondisi lahan.
2.Melakukan reboisasi pada lahan ynag kritis.
3.Mengolah limbah terlebih dahulu sebelum di buang agar tidak mencemari lingkungan.
4.Menciptakan dan menggunakan barang hasil dari industri ramah lingkungan .
5.Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap perilaku para pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH) agar tidak terjadi eksploitasi hutan secara besar-besaraan.

2 komentar: